Jumat, 23 Desember 2011

Manfaat SayuranBuat kesehatan



      Sayur sayuran hijau memiliki kandungan zat gizi alami yang sangat banyak seperti kaya dengan vitamin A dan C. Kandungan zat yang terdapat dalam sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat besi, magnesium, zat kapur, dan fosfor. Sementara untuk sayuran yang memiliki warna hijau tua adalah sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong sangat penting dan bermanfaat untuk memerangi radikal bebas.

      Selain itu kandungan antioksidan serta serat alami yang ada dalam sayuran hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta melancarkan saluran pencernaan. Sehingga akan memudahkan sisa-sisa dari metabolisme yang sudah tidak berguna dan bisa keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dalam tubuh dan menimbulkan penyakit.

      Zat antioksidan yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau juga bermanfaat melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet yang menjadi penyebab utama katarak. Hal ini disebabkan karena sayuran-sayuran hijau memengandung jenis antioksidan lutein dan zeaxanthin sebanyak hampir 10 kali lebih banyak jika dibandingkan vitamin E yang mampu melindungi sel mata dari kerusakan yang disebabkan ultraviolet.

      Banyak cara memanfaatkan dan mengolah sayuran seperti mebuat jus sayuran terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Jus sayuran sangat kaya dengan vitamin serta zat mineral. Zat-zat vitamin dan mineral tersebut sangat berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dari serangan penyakit.

Manfaat Sayuran bagi kesehatan tubuh manusia :

  • Sayur Bayam terutama yang berwarna merah banyak mengandung zat besi yang sangat tinggi dan sangat berkhasiat menambah darah. Banyak sekali kandungan zat dan mineral dalm bayam seperti vitamin A, B, C dan K, kalium serta fosfor. Selain itu Bayam juga mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat dan mangan. Manfaatnya untuk penderita disentri, sakit ambien, sakit demam, bermanfaat untuk melancarkan ASI, bermanfaat untuk mengencerkan dahak, untuk memperkuat kekebalan lever, dapat mencegah penuaan serta mengandung antioksidan. Zat asam folat yang terdapat pada bayam juga mampu memerangi kadar homosistein yang ada dalam darah dan mnejadi penyebab jantung koroner.

  • Sayur Asparagus merupakan sayuran dari tunas muda. Biasanya sering dijual dalam bentuk tunas dengan warna putih atau berwarna hijau. Sayuran Asparagus memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, serta vitamin dan mineral esensial. Kandungan serat (dietary fiber) dalam asparagus sangat tinggi dan bermanfaat untuk mengikat zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker. Asparagus juga mengandung serat yang bermanfaat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh sehingga Anda terbebas dari gangguan sembelit atau susah buang air besar. Asparagus juga sudah teruji secara klinis dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan asam amino asparagines yang terdapat di dalamnya mampu merangsang ginjal dalam membuang sisa metabolisme tubuh.


  • Sayuran Brokoli sangat kaya akan kandungan serat yang berkhasiat untuk mencegah kanker saluran pencernaan, sembelit serta kanker kandung kemih. Sauran Brokoli juga mengandung kromimum yang sangat penting sekali untuk membantu kerja insulin, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Dengan mengosumsi setengah mangkuk brokoli setiap minggu mampu menekan risiko kanker kandung kemih hingga 44%. Isothiochyanate yang ada pada brokoli bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker kandung kemih dan berpengaruh besar terhadap rusaknya sel kanker. Selain hal itu, sayuran Brokoli juga berkhasiat membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke.

  • Sayur Buncis, buncis juga sangat segar jika diolah menjadi jus. Manfaat minuman Jus buncis ini mampu mengontrol serta mencegah penyakit diabetes. Dari hasil sebuah uji klinis menunjukkan, di dalam buncis terdapat kandungan zat stigmasterol serta B-sitosterol. Kedua zat yang ada pada buncis ini mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula yang terdapat dalam darah. Seseorang bisa terkena diabetes melitus apabila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau bahkan tidak mampu sama sekali memproduksi insulin. Dengan mengkosumsi buncis dengan teratur juga bisa untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan serat yang terdapat pada buncis juga mampu mencegah kanker saluran pencernaan, sedangkan kandungan mineral kalsiumnya yang ada dalam buncis bermanfaat untuk menguatkan tulang.

       Manfaat sayuran bagi kesehatan, manfaat sayur mayur buat tubuh, manfaat sayuran untuk kesehatan manusaia, kandungan sayuran, manfaat khasiat sayuran, Sayuran untuk pengobatan, nama sayuran untuk mengobati penyakit, sayuran untuk pengobatan penyakit, manfaat jus sayuran.
trimurtiklik

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Archive

 

YouRma. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com